BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SUDUT LANGIT"

Jelang HUT ke-78 TNI, Komandan Puspenerbal Ikuti Ziarah Makam Bung Karno dan Gus Dur

TNI AL-Puspenerbal (27/9/2023) | Menjelang peringatan HUT ke-78 TNl 2023, Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNl Dr. Imam Musani bersama Rombongan pejabat TNI wilayah Jawa Timur menggelar upacara ziarah di Makam Bung Karno dan KH.Abdurrahman Wahid di Blitar dan Jombang, Rabu (27/9/2023).

Upacara ziarah di Makam Bung Karno Blitar, dipimpin Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal), Letjen TNI Marinir, Suhartono.

Sejumlah pejabat TNI AD, AL dan AU Jawa Timur juga mengikuti kegiatan upacara ziarah di Makam Bung Karno, termasuk pejabat Forkopimda Blitar Raya, mulai wali kota, bupati dan kapolres juga hadir di acara tersebut.

Setelah upacara ziarah, rombongan pejabat TNI Jawa Timur melakukan tabur bunga di pusara Bung Karno. Dankodiklatal, Letjen TNI Marinir, Suhartono mengatakan upacara ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-78 TNI.

Upacara ziarah memperingati HUT ke-78 TNI di Jawa Timur dilakukan di dua tempat, yaitu di makam presiden pertama RI, Ir Sukarno dan di makan presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid.

"Di Jatim ada dua makam presiden, yaitu Bung Karno di Kota Blitar dan KH Abdurrahman Wahid di Jombang. Sesuai perintah Panglima TNI, semua panglima dan pimpinan di jatim diminta melakukan ziarah ke makam presiden," katanya.

"Tadi sudah dibagi, saya menjadi pimpinan rombongan ziarah di Kota Blitar dan Pangdam menjadi pimpinan ziarah di Jombang," lanjutnya.

Dikatakannya, ziarah ini dilakukan untuk mengenang kembali serta menghormati dan menghargai jasa pahlawan bangsa yang telah berjuang untuk Indonesia.

"Khususnya Bung Karno salah satu tokoh pendiri bangsa dan Proklamator Kemerdekaan RI. Begitu juga KH Abdurahman Wahid sebagai presiden keempat telah melanjutkan perjuangan presiden sebelumnya untuk memperjuangkan kemajuan bangsa Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, dengan kegiatan ziarah harapannya prajurit TNI bisa meneladani perjuangan kedua tokoh dan guru  bangsa tersebut.

Di samping itu, kata Suhartono, prajurit TNI juga melakukan ziarah di makam pahlawan yang berada di wilayah Jawa Timur di momen peringatan HUT ke-78 TNI.

"Kami juga meminta doa restu supaya TNI ke depan semakin tangguh sebagai garda terdepan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Posting Komentar

0 Komentar