BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SUDUT LANGIT"

Berlayar Dengan KRI RJW-992, Dankodiklatal Ikuti Puncak Peringatan HUT Ke-79 TNI AL

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 10 September 2024 | Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah mengikuti puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 TNI AL yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus  Subiyanto, bertempat di Geladak Heli KRI dr.Radjiman Wedyodiningrat (RJW) – 992  yang berlayar melintasi Teluk Jakarta. Selasa (10/09/2024).

Dalam amanatnya Panglima TNI menyampaikan bahwa upacara Hari Jadi Ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024 ini menjadi sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya digelar di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang merupakan hasil produksi dalam negeri. “Sehingga tema Hari Jadi TNI AL tahun ini adalah tepat, yakni ”Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju,” terang Panglima TNI.

“Momentum bersejarah ini melambangkan tranformasi organisasi TNI Angkatan Laut menuju organisasi yang semakin modern dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis yang dinamis. Kita juga patut bersyukur bahwa di tengah berbagai situasi yang sulit ini, TNI Angkatan Laut selalu hadir dan mampu menunjukkan kapabilitasnya untuk mendukung pemerintah dalam berbagai misi perdamaian dunia, penanggulangan bencana alam, dan khususnya mobilisasi laut untuk misi mulia pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina,” ungkap Jenderal Agus Subiyanto.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali berkesempatan memberikan penghargaan kepada Satuan dan Prajurit Terbaik TNI AL Tahun 2024 diantaranya yakni KRI Teladan 2024 diraih oleh KRI Sultan Iskandar Muda - 367 dari Koarmada II, Pangkalan Teladan 2024 diraih Lanal Dumai dan Lanal Nunukan, Lanudal Teladan 2024 diraih Lanudal Biak, Batalyon Marinir Teladan 2024 Yonmarhanlan III Jakarta.

Selanjutnya penghargaan Prajurit Terbaik kategori Bintara Utama (Bama) Teladan 2024 diraih Serka Bah Abdul Aziz (Koarmada II), Sertu Bah Sugito (Lantamal XII Pontianak), Sertu Mar Nur Ahmad (Pasmar-2 Surabaya), dan Kopka Mar Rahmad Darmawan (Pasmar-2 Surabaya) sebagai Tamtama Teladan. Selain itu, Dosen Teladan 2024 diraih oleh Kolonel Laut (P) Muhammad Akhnaf (Seskoal), Mayor Mar Muflihyono (Kodiklatal), Mayor Laut (KH) Dadang Handoko (STTAL), dan PNS Dr. Umi Salamah (AAL). Sementara kategori Prajurit Berprestasi Bidang Olahraga Internasional diraih Kolinlamil. Sedangkan Kategori Bidang Operasi dalam Menggagalkan Penyelundupan Narkoba dan Barang ilegal lainnya diberikan kepada empat Tim Quick Response yakni Lanal Nunukan, Lanal Tanjung Balai Asahan , Lanal Nabire, dan Lanal Dumai.

Perayaan HUT TNI AL yang diperingati setiap tanggal 10 September tersebut, kali ini turut dihadiri Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kasau Marsekal TNI Mohammad Tony  Harjono, para Kasal dan Wakasal dari masa ke masa, para Pejabat Utama Mabes TNI, para Pejabat Utama  Mabesal, para Pangkotama TNI AL, para Pejabat Kementerian/Lembaga, Forkopimda DKI  Jakarta, Ketua Umum Jalasenastri beserta pengurus, Mitra Kemaritiman dan sejumlah  masyarakat yang ikut serta berlayar di atas KRI Banda Aceh-593.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Posting Komentar

0 Komentar